Sabtu, 28 Januari 2012

Tentang SNMPTN Undangan

Dikutip dari mahasiswa FK UNS!



  • T: Biasanya SMA mana yang diterima SNMPTN Undangan ?
J: Kalau menurut sepengetahuan saya banyak siswa yang diterima dari sekolah yang akreditasinya baik ,favorit ,dan PTN juga melihat alumnus nya lho ! Oya,satu lagi yang paling penting! Sekolah tersebut Diundang ,dan tidak di blacklist. Sekolah yang di blacklist salah satunya bisa karena memalsukan data nilai undangan atau Salah Ketik saat memasukkan data,jadi harus ekstra hati hati ;) ,karena saat pendaftaran PTN diminta fotokopian rapor kita
  • T:Nah siswa yang diterima bagaimana? kan dari satu sekolah pasti banyak yang daftar,bagaimana peluangnya?
J: Dari sepenglihatan saya tahun lalu, orang2 yang diterima di snmptn undangan itu biasanya punya nilai rata2 /nilai rapot yg tertinggi atau dia punya kelebihan tertentu dibanding teman teman yang lain. Jadi kalau dalam satu sekolah favorit persaingannya ya dengan teman satu sekolah dulu. Misalnya di sekolah saya banyak yang daftar ke FK UI,nah yang diterima itu yg tertinggi nilainya di sekolah saya :D . Biasanya FK UI ,atau FK lain memang mengambil satu /dua atau (pokoknya hanya sedikit) dari tiap sekolah favorit ,tapi biasanya jurusan lain mengambil beberapa orang. Misal di sekolah saya lumayan bbrp orang daftar ke farmasi itb, nah ada 3 orang tuh yang diterima.
  • T: Lah,berarti kalau saya nilainya gak termasuk 3 besar tertinggi dari yang daftar di sekolah saya,gak ada kemungkinan saya diterima??
J: Loh,saya kan gak bilang mutlak,saya bilang biasanya lho.. Buktinya aja,ada loh yg nilainya tidak 5 besar tertinggi tp masuk jurusan favorit di itb . Saya juga bingun kok bisa ya, tapi mungkin ada kelebihan dalam dirinya,mungkin suatu keberuntungan yg saya gak tahu. Jadi semua orang punya peluang diterima dong kalau Dia menghendaki .Tapi ya itu, kecil persentasenya.  Jadi jangan pernah bergantung pada snmptn undangan doang. kita harus punya jurus lain kalau mau diterima di PTN ,misal persiapan full untuk snmptn tulis :)
  • T: Jadi intinya ,lihat kondisi sekolah, kondisi nilai, dan saingan di satu sekolah itu sendiri ?Bagaimana dengan sertifikat?
J: yup! Saya kira sertifikat mungkin akan membantu anda,namun jangan berkecil hati kalau tidak ada lomba2 yang keren yang anda menangi . Anda juga bisa masukkan sertifikat anda di beberapa organisasi di sekolah anda, karena mungkin itu bisa membuktikan anda bukan orang yang hanya belajar saja di SMA.
  • T: Apakah ada batasan minimal nilai nilai untuk suatu jurusan ??
J: banyak yang menanyakan ini pada saya, bahkan ada yang menanyakan peluang nilai mereka ke saya . JUJUR saya tidak tahu menahu nilai ambang batas seperti itu, atau nilai yang ‘mengamankan’ mereka untuk diterima.Jadi mohon jangan tanyakan kepada saya,karena saya pun bingung menjawabnya . Karena tahun lalu saja tidak ada persyaratannya. Jadi yah bisa dibilang snmptn undangan ini bikin galau ;) Ya tapi saya kan sudah sebutkan sedikit tips tips diatas,siapa saja yang biasanya diterima
  • T: Oh begitu,, saya juga bingung menentukan universitasnya, bagaimana ya?
J: Berdasarkan pengalaman saya,pilihlah universitas yang daya saingnya anda lebih berpeluang untuk diterima. Yang memungkinkan nilai rapor anda lebih tinggi dari yang lain. Jadi tahun lalu itu saya begini, saya melihat banyak sekali yang daftar di FK UI,FK UGM, jujur pada awalnya saya ingin masuk situ,tapi karena melihat persaingan dari data di BK, nilai saya kalah dibanding nilai teman2 saya yang mau daftar kesana. Akhirnya saya urungkan niat karena saya ingin sekali diterima di kedokteran Jadi universitas yang lain tidak masalah bagi saya , Setelah melihat lihat ,ternyata saya ada peluang di FK UNS juga FK Andalas, karena kalau saya daftar kesitu,nilai saya saat itu yang tertinggi di sekolah saya dari yg daftar kesana. Jadi pilihan pertama kedua saya kesana. Tapi kalau anda benerbener sangat ngebet ingin masuk universitas tertentu,sebaiknya jangan coba2 daftar ke yang lain, karena kalau anda diterima anda tidak bisa ikut snmptn tulis . Seperti ada real case,di suatu PTN ia coba dan masuk,tapi setelah masuk, ia sedikit menyesal dan berniat mencoba snmptn tulis tahun depan ..hmm cukup disayangkan ya uangnya :P
  • T: bagaimana kalau jurusan?
J: Wah ini juga jangan dianggap enteng ,anda seharusnya memilih jurusan yang benar2 anda mau dan minati ,jangan coba2 di snmptn undangan. Karena cukup banyak kasus yang pilih dan menyesal pada akhirnya. Jadi kalau anda sekiranya memang mampu untuk bersaing di snmptn tulis,ya fokus lah pada jurusan yg anda minati. Soalnya ada juga teman saya yang ,nilainya pun cukup baik,memilih jurusan yg ia tertinggi dr sekolah untuk jurusan itu  ,dan akhirnya diterima.Namun jurusan itu bukan yg ia inginkan banget. Jadi padahal ia punya kemampuan untuk snmptn tulis tapi keterima di jurusan lwt undangan yg ia gak favoritin banget,jadi ia rada menyesal. Tapi ada juga sih beberapa yang akhirnya bisa menyesuaikan hati dan pikirannya untuk jurusan yg ia ambil :)
  • T: Bagaimana dengan nilai rapor itu sendiri ?
J: Sebaiknya setahu saya dari guru di BK juga web ptn-online ,nilai anda bagusnya stabil,malah meningkat lebih baik (terutama nilai semester 3,4,5). Jangan turun drastis
  • T: Nilai apa sih yang paling dilihat ?
J: hmm…. apa ya? saya juga tidak tahu menahu perihal ini,karena mereka tidak transparan dalam sistem penerimaannya. Tapi menurut saya,semua nilai penting,tentu saya MIPA juga dilihat dong ;) , apalagi rata rata semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar